MEMAHAMI KEHIDUPAN MELALUI SAKO PRAMUKA HIDAYATULLAH

(*oleh: Lajianto)

 

Manusia diciptakan dalam material paling sempurna dengan unsur-unsur berupa hawa nafsu, akal, dan hati. Ketiga unsur tersebut dapat meletakkan manusia pada derajat tertinggi. Begitu juga sebaliknya dengan unsur tersebut pula dapat meletakkan pada derajat paling hina. Entitas manusia yang merupakan khalifah di muka bumi sangat selaras dengan potensi yang dimilikinya. Potensi tersebut akan memiliki ledakan dahsyat apabila sering ditempa dengan berbagai pengalaman. (Effendi, 2020) mengatakan bahwa sebagai seorang murid maka sekolah adalah tempat yang sangat relevan untuk melakukan penempaan tersebut. Disinilah para murid mendapat pengalaman dengan mengikuti berbagai program dan kegiatan yang sudah disusun secara terstruktur, sistematis, dan massif.

Berawal dari kasus kontekstual dan teori tersebut maka SD Integral Hidayatullah Tuban mengadakan program penempaan sebagai salah satu ikhtiar dalam melejitkan potensi yang dimiliki oleh para muridnya. Program yang dikemas dalam kegiatan supercamp ini wajib diikuti oleh seluruh murid sebagai bagian dari ikhtiar untuk menjadi generasi tangguh dan mandiri di masa yang akan datang. Integral Supercamp 2024 ini mengambil tema “Memahami Kehidupan Melalui Sako Pramuka Hidayatullah”. Beberapa program kegiatan dirancang untuk mengoptimalkan dan mengeksplore potensi yang dapat merealisasikan profil output kader Pandu Hidayatullah, yaitu Shahihun fil akidah, Mutaqollikun bil quran, Mujiidun fil ibadah, Da’in Ila llah, dan Multazimun bil jamaah.

Agenda supercamp diawali dengan pendirian tenda masing-masing fi’ah dan dilanjutkan apel pembukaan yang diikuti oleh ratusan murid SD Integral Hidayatullah Tuban. Dalam taujihnya ust Lajianto membakar semangat anak-anak tentang kisah heroik kepemimpinan Raja Dzulkarnain yang menguasai seluruh belahan bumi barat hingga timur bahkan utara yang belum pernah dilakukan oleh raja-raja sebelumnya, dengan berbekal 4 amalan utama, yaitu (1) memaafkan orang yang mendzolimi meskipun sanggup untuk membalas; (2) menepati janji; (3) selalu berkata jujur; dan (4) tidak menunda pekerjaan. Kemudian agenda dilanjutkan dengan jelajah alam sekitar sekolah untuk mengimplementasikan materi yang didapat selama latihan setiap  pekan, yang meliputi program khas Sako Hidayatullah dan Kepramukaan.

Menempa keras karakter tapi tanpa terasa berat oleh murid merupakan tugas para guru dan semua praktisi pendidikan. Perkembangan dunia modern yang “memanjakan” generasi dengan berbagai macam kemudahan, apabila tidak diimbangi dengan proses yang kuat maka hanya akan menjadikan generasi penerus ini lemah dan asing dengan istilah perjuangan. Oleh karena itulah tajuk dalam supercamp saat ini lebih mengedepankan nilai-nilai aplikatif kehidupan daripada hanya sebuah teori atau hafalan. Semoga semua alumni supercamp 2024 menjadi generasi yang hafal alquran, hafal hadist, dan paham kehidupan.

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SD Integral Hidayatullah Tuban
Info Pendaftaran Siswa Baru
Tahun Ajaran 2024 - 2025
Whatsapp Center 0852 8033 5390
Telp. Office : 0356-8833250

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
"Sekolah Tauhid, Sekolah Para Penghafal Al-Quran"


⬇ ⬇ ⬇ ⬇
📲 Follow IG: @sdintegral_tuban
❤ Facebook : SDintegral Tuban
💌 E-mail : integraltuban@gmail.com
🌐 Website : www.integraltuban.sch.id
🎬 Youtube : sdintegral tuban
📌 Location : Tuban, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
#sekolahtauhid
#sekolahpenghafalquran
#sekolahislam
#sekolahtuban
#sekolahintegral
#sdintegralhidayatullah