LEMBUTKAN HATI SUCIKAN JIWA MENJADI GENERASI BERMARTABAT

(*oleh: Lajianto)

 

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, yaitu dengan bekal akal dan nafsu. Potensi keduanya dapat memberikan dampak yang besar bagi manusia secara pribadi maupun secara jamaah. Apabila manusia salah dalam menempatkan keduanya maka kehancuran dan celaan dari Allah yang akan didapat. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al A’raf ayat 179: “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.”

Allah sebagai sang khalik benar-benar maha sempurna dengan sifat Rahman dan Rahim-Nya dalam mengatur kehidupan umat manusia. Contoh kecil, dengan menghadirkan bulan ramadhan yang penuh keberkahan. Bulan ramadhan menjadi bulan Tarbiyah khususnya bagi orang beriman, karena kehadirannya mampu mengekang nafsu yang berpotensi berbuat kerusakan. Hal ini sebagaimana yang telah Rasulullah sabdakan dalam hadistnya yang berbunyi: “Puasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah, ‘Aku sedang berpuasa” (H.R. Bukhari dan Muslim).

SD Integral Hidayatullah tidak menyia-nyiakan momentum bulan penuh berkah ini untuk mengambil peran dalam penyemaian karakter generasi, melalui kegiatan mabit ramadhan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas I-VI selama tiga hari berturut-turut. Seolah tampak sederhana, akan tetapi bagi siswa/siswi yang belum pernah terpisah dengan orang tuanya, akan menjadi pengalaman yang menantang untuk penggemblengan diri. Variasi kegiatan yang diikuti oleh siswa mulai sholat wajib berjamaah, tarawih dan witir, pembahasan fikih puasa, buka dan sahur bersama, tilawah quran, sejarah islam, bakti sosial, fun game, hingga program khusus yang menjadi ciri khas pesantren Hidayatulah, yaitu qiyamullail (sholat tahajud) berjamaah yang dimulai pukul 02.00 sampai menjelang subuh.

Sekiranya tidak berlebihan kegiatan yang dilaksanakan karena tujuan yang akan dicapai pada mabit ramadhan tahun ini juga besar. Aktivitas siswa yang padat dengan kegiatan positif diharapkan dapat mencapai target pada tiga kata kunci utama yang terdapat dalam tema, yaitu kelembutan hati, kesucian jiwa, dan martabat sebagai seorang muslim yang dirindukan oleh Allah.


☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
*SD INTEGRAL HIDAYATULLAH TUBAN*
Jl. Dr.Wahidin Sudirohusodo Gg.Yudistira No. 24 Tuban
Karang Krajan RT.04 RW. 04 Kelurahan Karang-Semanding-Tuban
Info Pendaftaran Siswa Baru
Whatsapp Center 0852 8033 5390
Telp. Office : 0356-8833250

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
"Sekolah Tauhid, Sekolah Para Penghafal Al-Quran"

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
📲 Follow IG: @sdintegral_tuban
❤ Facebook : SDintegral Tuban
💌 E-mail : integraltuban@gmail.com
🌐 Website : www.integraltuban.sch.id
🎬 Youtube : sdintegral tuban
📌 Location : Tuban, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
#sekolahtauhid
#sekolahpenghafalquran
#sekolahislam
#sekolahtuban
#sekolahintegral
#sdintegralhidayatullah