TETAP BERKIPRAH MENCERDASKAN GENERASI

(*oleh: Lajianto)

 

Manusia diciptakan oleh Allah secara khusus untuk mengelola alam ini. Proses penciptaan yang sebelumnya malaikat meragukan kemampuan makhluk baru yang bernama manusia. Penghulu umat manusia, nabi Adam as mematahkan keraguan para malaikat dengan menunjukkan potensi luar biasa yang dimiliki. Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri bahwa semua yang terjadi atas kehendak Allah yang mengajarkan manusia dengan perantara qolam.

            Fitrah manusia beriman adalah mengalami progres secara berkelanjutan. Belajar merupakan hal mutlak yang harus dilalui. Untuk mendapatkan ilmu yang absah diperlukan guru yang kompeten dibidangnya. Untuk menjadi guru setidaknya harus memiliki minimal 10 kemampuan dasar, diantaranya adalah:

1.      Mengembangkan kepribadian

2.      Menguasai landasan kependidikan

3.      Menguasai bahan pengajaran

4.      Menyusun program pengajaran

5.      Melaksanakan program pengajaran

6.      Menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan

7.      Menyelenggarakan program bimbingan

8.      Menyelenggarakan administrasi sekolah

9.      Berinteraksi dengan sejawat dan masyarakat

10.  Menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran

Era perkembangan teknologi yang sangat cepat, dengan pola pikir manusia modern yang seolah tidak bisa hidup tanpa adanya internet, selayaknya seorang guru menjadi pioner terdepan dalam proses pendampingan generasi. Merujuk dari dasar inilah kemampuan guru dalam hal public speaking harus terus diasah. Hal ini tentu disebabkan akses informasi yang diperoleh siswa tidak hanya bersumber dari guru semata, melainkan juga dari internet yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Apabila para guru tidak cakap dalam mengolah kata dalam proses pembelajaran maka tidak menutup kemungkinan akan “kalah” dengan para siswanya. Begitupun interaksi dengan masyarakat dalam hal ini orang tua siswa, kecakapan berbicara merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki.

 Transfer informasi dari sekolah ke orang tua harus dengan pola komunikasi excellent, artinya guru harus benar-benar menjadi sosok yang dihormati oleh siswa dan disegani oleh orang tua. Oleh karena itu kegiatan upgrading diri untuk meningkatkan salah satu dari sepuluh kemampuan dasar guru mutlak untuk dilaksanakan. Berawal dari hal-hal sederhana seperti inilah, sosok sempurna dalam dunia pendidikan sedikit demi sedikit akan terwujud. Teruslah berproses engkau wahai para guru, tetaplah menjadi teladan akhlak yang mulia ditengah percepatan era digital.


☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

*SD INTEGRAL HIDAYATULLAH TUBAN*
Jl. Dr.Wahidin Sudirohusodo Gg.Yudistira No. 24 Tuban
Karang Krajan RT.04 RW. 04 Kelurahan Karang-Semanding-Tuban
Info Pendaftaran Siswa Baru
Whatsapp Center 0852 8033 5390
Telp. Office : 0356-8833250

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
"Sekolah Tauhid, Sekolah Para Penghafal Al-Quran"

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
📲 Follow IG: @sdintegral_tuban
❤ Facebook : SDintegral Tuban
💌 E-mail : integraltuban@gmail.com
🌐 Website : www.integraltuban.sch.id
🎬 Youtube : sdintegral tuban
📌 Location : Tuban, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
#sekolahtauhid
#sekolahpenghafalquran
#sekolahislam
#sekolahtuban
#sekolahintegral
#sdintegralhidayatullah