Mengkader ala Pandu From Home

( PFH )

Oleh : Lajianto

             Pandemi Covid-19 masih belum selesai, sudah hampir enam bulan berlalu belum ada tanda – tanda virus ini akan berakhir. Begitupun kegiatan ekstrakurikuler Kepanduan di SD Integral Hidayatullah yang juga vacum beberapa bulan. Kondisi yang demikian ini, sempat membuat gelisah para pengelola Pendidikan Integral, karena kegiatan kepanduan merupakan ruh dari pendidikan integral itu sendiri. Inovasi terus dilakukan potensi terus digali, atas intruksi dari Komandan Pandu Hidayatullah Jawa Timur, Alim Puspianto, M.Kom.I, dalam sosialisasinya saat acara pertemuan Kepala Sekolah Integral se Jawa Timur yang dilaksanakan di SD Integral Al Fatah Hidayatullah Batu 14 – 15 Agustus 2020 menyampaikan bahwa, “Sekolah boleh libur anak – anak boleh belajar dari rumah tetapi proses pengkaderan tidak boleh berhenti, karena hanya ada dua pilihan Mengkader atau Mati, terang Alim.

             Menyikapi intruksi yang telah diberikan dan komitmen untuk tetap produktif dimasa krisis. SD Integral Hidayatullah Tuban menyambut positif dengan tetap melaksanakan kegiatan kepanduan satu pekan sekali secara virtual. Komandan Pandu Hidayatullah Tuban, ust Fendi Andianto dalam sambutan virtualnya menyampaikan “Proses pengkaderan untuk siswa/ siswi SD Integral Hidayatullah Tuban akan dilakukan secara bertahap dan menyeluruh, dengan teknis setiap siswa/ siswi melaporkan kegiatan via WA group  sesuai yang kami jadwalkan. Adapun  fokus kami adalah menuntaskan lima program Pandu Hidayatullah, yaitu Tarbiyah Tsaqofiyah, Tarbiyah Ruhiyah, Tarbiyah Jasadiyah, Tarbiyah Ijtimaiyah, dan Tarbiyah Qiyadiyah, yang semuanya dikemas secara sederhana dan tetap enjoy bagi anak – anak”, jelas Fendi.

Begitu pentingnya peran para kader untuk melanjutkan estafet perjuangan menuju negeri yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur, tidak ada waktu untuk berpangku tangan sambil duduk manis menunggu keadaan membaik. Saatnya kita bangkit dan tunjukkan bahwa umat islam adalah sebaik – baik umat yang dihadirkan oleh Allah  untuk menjadi solusi setiap problematika, sebagaimana kondisi saat ini adalah momen untuk membuktikan bahwa siswa/ siswi SD Integral Hidayatullah yang ditempa dengan kegiatan kepanduan, memang pantas untuk menjadi pemimpin masa depan. Aamiin