Aplikasi Tarbiyah Ijtimaiyah Kader Pandu Hidayatullah Tuban


Oleh : Lajianto

Di tengah perkembangan zaman dengan dimudahkannya hampir setiap urusan manusia  dengan berbagai teknologi, sedikit demi sedikit menggeser pola interaksi  umat manusia yang notabene adalah makhluk sosial menjadi lebih ke arah individualistis. Aktivitas bersama yang biasanya begitu kental dan menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia yaitu gotong royong, saat inipun sudah mulai terkikis. Banyak kita jumpai di sekitar kita atau mungkin bahkan keluarga kita sendiri yang masing – masing sibuk dengan gadget ditangannya.

Bagi orang – orang yang sudah berkecukupan secara materi, hal seperti ini tidak begitu istimewa, akan tetapi bagi orang – orang yang mengalami kesulitan kondisi ekonomi, perubahan nilai – nilai sosial dalam kehidupan yang semakin mementingkan diri sendiri seperti saat ini telah begitu tampak berat bagi mereka untuk melanjutkan perjuangan hidup ini.

Siswa dan siswi SD Integral Hidayatullah Tuban, berupaya secara optimal memupuk kembali rasa kebersamaan itu dengan mengorbankan sedikit uang saku yang dimiliki, untuk dapat diinvestasikan secara akhirat. Agenda sukses lima program pandu pekan ini adalah Aplikasi Tarbiyah Ijtimaiyah, dengan teknis kegiatan adalah, mereka membuat kotak infaq secara mandiri dan istiqomah mengisinya setiap hari selama dua pekan. (bersambung)