Oleh : Lajianto


Bulan Agustus tahun 2020 ini adalah bulan yang istimewa bagi umat islam khususnya umat muslim Indonesia. Hal ini dikarenakan dua momen besar sedang dan telah diperingati oleh mayoritas umat muslim bangsa ini. Tepat di hari senin tanggal 17 Agustus 2020, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke 75, sebuah perjalanan panjang bagi sebuah bangsa yang berjibaku mengusir penjajah dari bumi pertiwi demi menuju masyarakat yang merdeka menentukan nasibnya di tanah air sendiri. Selang tiga hari berikutnya umat muslim seluruh dunia memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1442 H, sebagai momentum tonggak perjuangan umat islam untuk membebaskan diri  dari sifat kejahiliyahan dan belenggu penindasan.

Seiring gayung bersambut, SD Integral Hidayatullah Semanding Tuban, tidak menyia – nyiakan dua momentum yang sangat istimewa ini. Di tengah kondisi pandemi covid-19 tidak menyurutkan ghirah dari ustad/ ustadzah untuk tetap memberikan karya yang produktif dan inovatif, karena prinsip orang beriman adalah tidak ada kata menyerah dan putus asa dengan adanya musibah yang menimpa.

Sebagai bentuk perwujudan dari warga Negara Republik Indonesia yang memiliki semangat untuk merdeka, tepat di hari kemerdekaan semua ustad/ ustadzah melaksanakan upacara bendera di halaman sekolah, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang diintruksikan oleh pemerintah, yaitu memakai masker, jaga jarak, dan jumlah peserta maksimal 20 orang. Dalam sambutanya, Pembina upacara ustad Lajianto menyampaikan amanat yang bertema “Berkhidmat untuk umat menuju Indonesia maju”, yang intinya adalah mari kita buktikan bahwa SD Integral Hidayatullah tetap akan berkontribusi secara optimal kepada NKRI meskipun dalam kondisi sulit sekalipun.

Tidak mau kalah dengan ustad/ ustadzah, semua siswa juga membuktikan bahwa mereka adalah para calon pemimpin yang layak untuk diperhitungkan dimasa yang akan datang. Hal itu terlihat dari semangat para siswa untuk memperingati tahun baru islam 1442 H, yaitu dengan membuat poster tentang bulan muharram untuk kelas 1 – 3, dan membuat video tausiyah untuk kelas 4 – 6, dengan mengambil tema besar yang diusung oleh sekolah yaitu “Mari Jadikan Momen Tahun Baru Hijriyah Untuk Mengubah Komitmen dan Sikap”.

Mudah – mudahan di bulan yang istimewa ini, Allah segera mengangkat wabah dan memberikan pertolonganNya kepada semua hambaNya, sehingga tatanan kehidupan dunia menjadi normal kembali. Aamiin.