By Fendi Andianto




Seiring dengan meluasnya penyebaran corona virus disease (Covid-19) di Indonesia, Presiden Joko Widodo, Minggu (15/3/2020), di Istana Bogor, Jawa Barat, mengimbau, seluruh wargat tidak panik dan tetap produktif. Sehingga, penyebaran virus bisa dihambat dan dihentikan. Jokowi juga menambah, dengan kondisi saat ini, saatnya kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah.

Merespon hal tersebut, Kemendikbud yang kemudian ditindaklanjuti Gubernur, Walikota, Bupati, dan Dinas Pendidikan, juga telah memberikan edaran lebih rinci, terkait solusi pencegahan Covid-19 dengan melakukan belajar mandiri dari rumah selama dua pekan, pada satuan pendidikan mulai dari TK hingga PT. Namun sudah lebih dari tiga pekan berlalu, Jumat (03/04/2020) pemerintah mengeluarkan edaran kembali dengan status masa darurat penyebaran covid-19 untuk memperpanjang belajar di rumah sampai tanggal 21 April 2020.

Bukan hanya itu teknis ujian pun banyak mengalami pembatalan, yang semula ada Ujian Nasional kini ditiadakan. Begitu juga untuk  anak-anak Sekolah Dasar kelas VI, untuk menentukan kelulusan dengan diambilkan nilai rapor dari kelas IV sampai kelas VI semester gasal. Sedangkan untuk anak-anak kelas I sampai kelas V untuk kenaikan kelas diambilkan nilai dalam bentuk portofolio nilai rapor, prestasi  yang didapat, penugasan, tes daring atau bentuk asesmen jarak jauh lainya. Sedangkan masih menyisakan waktu satu bulan pembelajaran secara aktif sehingga pembelajarannya kini harus melalui jaringan atau daring.

Untuk menyikapi itu, SD Integral Hidayatullah yang merupakan salah satu lembaga pendidikan full day school terdepan di Kabupaten Tuban melakukan beberapa terobosan agar kurikulum pembelajaran ini bisa tuntas dan tersampaikan walaupun belajarnya dari rumah siswa masing-masing. Langkah- langkah yang kami ambil adalah sebagai berikut :



1. Pembelajaran Secara Online

Selain memberikan tugas secara online , kami SD Integral juga melakukan pembelajaran online dengan cara melakukan video call. Kami membuat grup tiap kelas untuk bisa melakukan tatap muka dengan para siswa dengan mengunakan berbagai aplikasi seperti zoom, hangout dan teamlink sehingga apabila ada siswa yang kurang paham dengan materi yang diajarkan bisa diterangkan langsung oleh gurunya.

2. Pemberian Tugas Akademik

Pemberian tugas akademik ini bertujuan untuk menyelesaikan materi-materi yang masih ada sehingga bisa tercapai tepat waktu, adapun tugas-tugasnya seperti mengerjakan lembar kerja, tugas mandiri sampai pemberian link soal yang bisa dikerjakan langsung secara online oleh siswa.

3. Tugas Karakter dan Spiritual

Sudah menjadi ruh kami bahwa SD Integral kental dengan pembiasaan karakter dan spiritual, karena memang ini adalah fokus utama kami dalam mendidik generasi zaman ini, karena generasi tanpa ruh ini bagaikan bangkai yang berjalan. Dengan pemberian tugas mendirikan sholat lima waktu berjamaah, sholat tahajud setiap malam , tilawah alquran 1 hari 1 juz, membantu kegiatan orang tua di rumah. Dan khusus untuk kegiatan ini, wali murid wajib melaporkan kepada wali kelas masing - masing setiap hari bakda sholat isya, sesuai dengan format yang sudah disediakan.

4. Life Skill

Ketika saat ini kita sama-sama berupaya mencegah penyebaran wabah covid-19 maka kami memberikan pengarahan kepada siswa tentang materi pentingnya menjaga kebersihan contohnya bagaimana cara mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan mereka langsung mempraktikannya di rumah masing - masing, yang notabene kebersihan dan kesucian merupakan ajaran mulia agama islam.

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SD Integral Hidayatullah Tuban
Info Pendaftaran Siswa Baru
Tahun Ajaran 2020 - 2021
Whatsapp Center 0852 8033 5390
Telp. Office : 0356-8833250

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
"Sekolah Tauhid, Sekolah Para Penghafal Al-Quran"

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
📲 Follow IG: @sdintegral_tuban
❤ Facebook : SDintegral Tuban
💌 E-mail : integraltuban@gmail.com
🌐 Website : www.integraltuban.sch.id
🎬 Youtube : sdintegral tuban
📌 Location : Tuban, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
#sekolahtauhid
#sekolahpenghafalquran
#sekolahislam
#sekolahtuban
#sekolahintegral
#sdintegralhidayatullah