Oleh : Achmad Rokim
Editor : Lajianto




Upaya Menumbuhkan Jiwa "Entrepreneurship" pada Anak
Pagi yang cerah , mentari bersinar menerangi bumi wali Kabupaten Tuban, tepatnya di hari Jum’at 20 Desember 2019 penghujung tahun dan hari ceria setelah melakukan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Diawali sholat Duha terlebih dahulu anak-anak kelas 1 sampai kelas 6 saling berlomba untuk menjual dagangannya, ada keriuhan di halaman sekolah SD Integral Hidayatullah  Semanding Tuban. Seluruh warga sekolah ( gurumurid, orangtua ) berpartisipasi dalam kegiatan Market Day tahun 2019.  Kegiatan ini adalah bagian dari program tim kesiswaan SD Integral Hidayatullah untuk mengisi kegiatan Pasca PAS.
Peserta market day ( penjual ) kali ini adalah siswa-siswi dari kelas 1 sampai kelas 6. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk orangtua/wali murid. Dari pagi hari, anak-anak dengan dibantu oleh orangtua dan wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya di booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan oleh sekolah.
Sehari-dua hari sebelumnya, anak-anak dengan dibantu oleh orang tua mereka membuat atau membeli barang-barang yang akan dijual pada kegiatan market day ini. Dalam hal ini terjadi kolaborasi dan kerja sama serta komunikasi antara anak-anak dengan orang tua mereka. Barang-barang yang dapat dijual dalam kegiatan market day ini adalah aneka jenis makanan, minuman, aksesories, dan ATK (Alat Tulis Kantor).

Kegiatan ini dilakukan adalah untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship anak - anak, dan mengajarkan pada mereka bagaimana perjuangan untuk mendapatkan uang yang ternyata butuh kerja keras dan kesungguhan. sehingga secara tidak langsung akan tumbuh pada diri mereka sikap menghargai dan menghormati pengorbanan dari orang tua mereka. 
Dalam kegiatan Market Day ini anak-anak juga ada sesi pembagian hadiah untuk para juara lomba class meeting yang sudah dilaksanakan pada hari sebelumnya, semua terlihat senang gembira saat pembagian hadiah, siswa yang belum berhasil menjadi juara pun ikut memberikan semangat, dan semoga mereka kelak atau lain waktu saat ada lomba lagi bisa mengikuti dan mendapatkan  seperti yang didapatkan temannya sekarang. (Och)


☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SD Integral Hidayatullah Tuban
Info Pendaftaran Siswa Baru
Tahun Ajaran 2020 - 2021
Whatsapp Center 0852 8033 5390
Telp. Office : 0356-8833250

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
"Sekolah Tauhid, Sekolah Para Penghafal Al-Quran"


⬇ ⬇ ⬇ ⬇
📲 Follow IG: @sdintegral_tuban
❤ Facebook : SDintegral Tuban
💌 E-mail : integraltuban@gmail.com
🌐 Website : www.integraltuban.sch.id
🎬 Youtube : sdintegral tuban
📌 Location : Tuban, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇
#sekolahtauhid
#sekolahpenghafalquran
#sekolahislam
#sekolahtuban
#sekolahintegral
#sdintegralhidayatullah